Menu Tutup

Kawah tangkuban Perahu untuk Harga Tiket Masuk

Kawah tangkuban Perahu untuk Harga Tiket Masuk

Kawah tangkuban Perahu untuk Harga Tiket Masuk
Kawah tangkuban Perahu untuk Harga Tiket Masuk

Wisata alam di kota parahiangan merupakan salah satu wisata yang paling banyak dikunjungi karena kesegaran udara dan keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata alam yang identik dengan kota atau Lembang Kabupaten Bandung adalah Gunung Tangkuban Perahu. Asal mula terjadinya gunung ini dikisahkan dalam legenda rakyat yang terkenal yaitu kisah Sangkuriang dan Legenda Ibunda Sangkurian Dayang Sumbi . Gunung ini memiliki tiga kawah yang terkenal.

1 Kawah Ratu

2 Kawah Domas

3 Kawah Orok atau istilah Bahasa Indonesia Bayi

Memandang kawah gunung dan menikmati suasana di sekitarnya mampu menarik banyak pengunjung, khususnya pada hari libur biasa dan hari libur Besar

TIKET MASUK TANGKUBAN PERAHU

Gunung Tangkuban Perahu merupakan sebuah gunung aktif di Bandung Utara, tepatnya di Cikole, Lembang, atau sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. Gunung Tangkuban Perahu atau juga sering disebut Tangkuban Parahu merupakan salah satu gunung terbesar di dataran Parahyangan. Udara sejuk, hamparan kebun teh, lembah dan tingginya pohon pinus menemani perjalanan Anda menuju pintu gerbang kawasan Tangkuban Perahu.

Asal-usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi atau Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 di atas permukaan laut atau sekitar 6.873 kaki. Suhu di gunung ini adalah 17 derajat Celcius pada siang hari dan dapat mencapai 2 derajat Celcius pada malam hari. Karena suhunya yang dingin, pada saat berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa untuk membawa sweater dan jaket Anda.

Beberapa tanda aktifnya gunung ini adalah adanya gas belerang dan juga sumber air panas yang mengalir di kaki gunung, misalnya di Ciater. Jika berkunjung ke gunung ini, Anda sangat disarankan membawa masker penutup mulut untuk menghindari bau gas belerang yang tajam.

Di kawasan gunung Tangkuban Perahu terdapat tiga kawah yang menarik untuk dikunjungi. Kawah tersebut adalah Kawah Domas, Kawah Ratu dan Kawah Upas. Kawah yang paling besar diantara ketiganya dan paling banyak dikunjungi adalah Kawah Ratu. Dengan beberapa jam berjalan kaki, Anda bahkan dapat mengitari Kawah Ratu yang begitu luas sambil menikmati keindahan panorama Gunung Tangkuban Perahu.

Selain itu, dikawasan Gunung Tangkuban Perahuh ini terdapat banyak toko-toko sederhana yang menjual berbagai souvenir seperti syal, topi kupluk, tas dan topi bulu, berbagai pajangan dari kayu dan berbagai aksesories lainnya. Ada juga penjual makanan dan minuman hangat seperti mie rebus, bandrek, kopi dan lainnya. Anda juga dapat menunggang kuda untuk mengitari sebagian kawah ini. Kegiatan ini biasanya disukai anak-anak.

Untuk memasuki kawasan Tangkuban Perahu, Anda harus membayar Tiket Masuk Tangkuban Perahu, untuk Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu wisatawan Indonesia dikenakan biaya Rp. 17.000, wisatawan asing Rp. 75.000, sepeda motor Rp. 5.000, mobil Rp. 10.000, bus Rp. 20.000,-.

Tak seperti gunung berapi lainnya, puncak Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk memanjang dan mirip sebuah perahu yang terbalik. Pada lereng gunung juga terdapat hamparan perkebunan teh yang membuat Anda ingin berlama-lama menikmati keindahannya.

Tempat wisata yang satu ini juga seringkali dijadikan lokasi pemotretan untuk foto prewedding, iklan komersil dan juga pengambilan gambar untuk film. Jika Anda belum puas menikmati keindahan Gunung Tangkuban Perahu dalam satu hari, Anda juga bisa bermalam dan melanjutkan keesokan harinya. Di sekitar gunung ini banyak terdapat hotel yang bisa Anda gunakan untuk menginap, mulai dari yang mengenakan tarif terjangkau sampai hotel mahal dengan kualitas pelayanan terbaik.

Semoga Anda yang sedang kebingungan mencari berbagai tempat wisata yang ingin Anda kunjungi ketika akhir pekan, bisa mengunjungi Tangkuban Perahu. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya yang pernah disampaikan, karena masih banyak informasi tentang Tiket Masuk tempat wisata yang ada di Indonesia bahkan luar negeri. dikutif dari www.wisata.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *