Menu Tutup

Berita Boscha Lembang di Padati Pengujung Maret tgl 9 /2016

 Berita Boscha Lembang di Padati Pengujung Maret tgl 9 2016. Tiga Teleskop Reflector berdiameter 20 centimeter yang dilengkapi filter berbahan nylar untuk menyaring cahaya matahari menjadi rebutan ribuan pengunjung. Para pengunjung sama-sama ingin mengintip Gerhana Matahari Total di Observatorium Boscha Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/3/2016) pagi.dari nara sumber.http://fokusjabar.com/2016/03/09/teleskop-reflector-boscha-jadi-rebutan-pengunjung-saksikan-gmt/

Teleskop milik Boscha yang ditempatkan di lapangan depan kubah teropong bintang itu langsung jadi primadona yang ‘diburu’pengunjung dari pelbagai daerah yang datang ke Boscha. Meski tak ada antrean khusus, pengunjung tetap tertib bergantian mengintip fenomena alam yang akan kembali terjadi 2023 mendatang.

Teleskop Reflector Boscha, jadi rebutan pengunjung saksikan GMT (Foto : Tri)

Berita Boscha Lembang di Padati Pengujung Maret tgl 9 /2016

“Terlihat jelas gerhananya berbentuk sabit saat bulan menutupi matahari,” kata Mitha (22) mahasiswi Unpad Bandung usai mengintip gerhana dari salahsatu teleskop yang ada.

Selain mengintip langsung dengan mata telanjang, pengunjung juga memanfaatkan kamera dari gadget untuk memotret gerhana 88 persen itu dengan menempelkan lensa kamera ke lubang mata teleskop.

Peneliti Observatorium Boscha Evan Irawan mengatakan, sebenarnya Boscha memiliki 22 teleskop serupa, namun sebagian dibawa peneliti ke beberapa daerah pengamatan seperti Poso,Ternate,Bangka dan Balikpapan.

“Karena kendala teknis, kami pun tidak bisa menayangkannya pada layar lebar agar pengungjung bisa menyaksikan bersama-sama,” kata Evan.

Kendati begitu, pihaknya tetap membagikan 100 kacamata matahari buatan Boscha. Hal itu dilakukan agar pengunjung bisa tetap menyaksikan fenomena alam itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *